Dropbox Cara cepat untuk berbagi file di internet

Dropbox Cara cepat untuk berbagi file di internet
Online Storage, istilah yang dipakai untuk tempat penyimpanan file di internet, baik itu berbayar maupun gratis.

Banyak sekali kita jumpai blog yang membagi filenya dan bisa di download, hanya saja tempat file itu tidak langsung ditemui, ada perantara sana sini sebelum bisa di download langsung.

Mencari sana-sini dan daftar kemana-mana untuk kebutuhan berbagi file tanpa ada perantara iklan, kode chapta, atau ogin dulu baru bisa download dan lain-lain yang bisa menyebabkan file tersebut agak susah dijangkau/di download secara langsung... ada beberapa online storage yang saya dapat, tetapi tidak sesimpel dan semudah Dropbox, baik cara sharing, penggunaan dan persyaratan pemakaiannya.
Dalam postingan ini saya sangat berharap diberi informasi tentang Online Storage yang bisa kita berbagi bersama, Online Storage yang saya cari adalah yang mirip dengan Dropbox sesuai ciri-cirinya sebagai berikut :


Gratis dan diberi 2 GB untuk pertama kali
Jenis Penempatan file Dibagi dalam 3 bagian yaitu :
  1. Pribadi (harus login untuk menjangkau file)
  2. Semi Umum ( Berbagi file ke anggota lain yang dalam group )
  3. Umum ( File dapat dijangkau langsung melalui URL setiap file ) atau kata lain Direct Link.
Yang bersifat Umum ini pada dropbox yang saya sangat sukai, karena :
  • File yang disimpan untuk kebutuhan public (umum), url file tersebut langsung mengarah ke file tanpa embel-embel apapun (Direct Link)
  • Mendukung file swf, jpg, mp3, pdf, sehingga bila file tersebut kita sisipkan kedalam widget, atau file tersebut bisa di display, maupun diputar langsung di monitor tanpa terdownload. untuk mendowloadnya kita hanya menekan CTRL+S (save)
  • Banyak yang mengatakan bahwa bila download yang terpicu langsung tanpa ada halaman perantara akan sangat berbahaya karena mengandung virus atau hal lainnya, tetapi itu saya tidak setuju, karena team dropbox pasti telah menghapus file itu bila memang berbahaya untuk disebar
  • Karena filenya direct, maka kita bisa menyebarkannya bukan hanya di blog, tetapi bisa lewat sosial media seperti facebook, myspace dll, artinya kita tidak harus mempunyai blog/site untuk menyebarkan file kita.
Contoh penggunaan dropbox pada blog saya ini adalah :
  1. File flash atau SWF bisa dilihat disini
  2. File mp3 pada player musik yang saya miliki, bisa dilihat disini
  3. File Gambar, bisa dilihat disini
  4. File PDF, Word, Excle dan lain-lain juga bisa, tetapi belum ada contoh sampai postingan ini saya publikasi
Bukti bahwa dropbox memiliki direct link, Berikut saya sesuaikan contoh diatas :
  1. Direct Link File swf yang ada pada contoh no 1 diatas bisa dilihat disini
  2. Direct Link mp3 bisa dilihat disini ( Satu lagu mp3 dengan besaran 1,2 Mb )
  3. Direct Link File gambar bisa dilihat disini  
  4. Direct Link File PDF bisa dilihat disini
  5. Dan jenis file lainnya...
Contoh diatas menampilkan file secara mandiri dan bisa didownload setelah filenya disave ( CTRL + S ) pada kayboard anda.

Sedang contoh lain yang langsung di download adalah file exe, JS, zip, rar atau file lainnya. Berikut adalah ( File adalah zip dari Windows_8_tweaker_v1.1 dengan besaran 27 kb ) bisa diklik disini

Satu hal yang saya sukai, adalah sifat pada file SWF, dimana melalui dropbox ini kita bisa membuat sesuatu seperti web penuh, tanpa harus terikat pada blog/site tertentu, contohnya adalah online bookmark yang saya buat bisa dilihat :
  • Online bookmark yang melekat pada salah satu page blog ini, bisa dilihat disini
  • Online Bookmark yang URLnya mandiri tanpa terikat di blog/site manapun, bisa dilihat disini
Kedua contoh Online bookmark diatas adalah merujuk pada File yang sama.


Bila anda tertarik pada Dropbox, anda bisa daftar disini



Aplikasi Desktop dari Dropbox

Kelebihan dari aplikasi ini, memudahkan pengaturan file di web dengan file yang ada dikomputer. Pencerminan data di web dengan data di beberapa komputer dan hadphone, sehingga flashdisk tidak diperlukan lagi dalam hal transfer atau backup data. 

Semenjak saya menggunakan aplikasi ini, flashdisk dipakai untuk mengisi film, program, dan lain-lain yang ukuran filenya besar saja. Untuk file dibawah 2 Mb, seperti file word, excle, ataupun program-program dari microsoft lainnya, saya memakai dropbox, untuk meringankan pencerminan data dari komputer ke handphone.


Dengan kata lain Flashdisk sudah tidak saya pakai lagi untuk menyimpan data

Untuk lebih detail dari fungsi ini, akan saya uraikan di postingan lain.




Kembali ke pembahasan awal,

Kalaupun ada Online Storage lain yang sifatnya memiliki public direct link pada file kita, saya sangat berharap anda membagikan informasinya di kolom komentar atau di sini, karena sampai saat ini belum ada yang saya dapati seperti Dropbox.

Bukanya saya mendewakan Dropbox, tetapi keinginan pribadi saya sangat sesuai dengan fasilitas yang dimiliki dropbox, walaupun saya terdaftar sebagai user yang gratisan kepada mereka.

Ada issu yang beredar beberapa bulan lalu bahwa folder yang umum itu akan di tiadakan, ternyata hal itu tidak benar, dan memang tidak benar.

Mengenai daftar Online Storage yang ada beserta ciri-cirinya bisa dilihat disini dan disini. akan tetapi itu adalah postingan tahun lalu, dan tentunya sudah banyak terjadi perubahan, untuk mengetahui hal yang terupdate, akan saya bahas di postingan yang akan datang setelah ini, karena saya harus mendaftar dulu di bulan ini kepada tiap-tiap mereka untuk mengetahuinya (terutama sifat Public link).

Semoga bermanfaat..


Arsip Trik Kami Yang Lainnya



3 comments:

  1. cra masangnya gmn kawan? saya bingung mau pasang file SWF d blog tp ga bs cra masang...:D
    tolong ksh tau ya kawan... makasih.

    ReplyDelete
  2. Ada beberapa pstingan tentang pasang flash/swf di blog ini kawan... beberapa diantaranya :

    Memasang file flash/swf di widget blogger
    flash dalam postingan
    Biar swf/flash bisa transparan

    maaf kalo cara penyajian penjelasannya agak simpel...

    ReplyDelete

Next previous home