Arsip Perhitungan Idul Adha 2012


Hari Raya Qurban Idul Adha 10 DzulHijjah 1433 H / 26 Oktober 2012 M

Arsip Perhitungan Idul Adha 2012
Saya sendiri tidak bisa memastikan seperti demikian, karena info ini saya dapat dari site lainnya yang membuat pernyataan itu secara tegas, termasuk site Muhammadiah (http://cirebon.muhammadiyah.or.id/berita-1792-detail-pelaksanaan-sholat-idul-adha-1433-h.html).

Ada hal yang menarik sewaktu lagi asik2 mencari info tentang ini, saya mendapatkan file excle yang berisikan perhitungan hisab awal bulan hijriyah

Berikut Adalah File Excle mengenai HISAB, berisikan :
  • Akhir setiap bulan Hijriah semua tahun hijriah (Tentunya ini termasuk perhitungan 1 Ramadhan, 1 Syawal dan idul adha sendiri 10 DzulHijjah
  • HISAB waktu2 imsak dan berbuka pada ramadhan semua Tahun Hijriah. pada kota2 yang telah terindex baik di indonesia maupun luar. 



Kebenaran hasil perhitungan file ini, sebaiknya kita serahkan sama ahlinya.

Saya coba file tersebut dengan memasukkan :
  1. letak kota saya berada sekarang
  2. Bulan sebelum idul adha (DzulHijjah) yaitu (Dzul Qo'dah)
  3. Tahun hijriyah 1433

Hasil perhitungan:
  • Bahwa akhir bulan Dzul Qo'dah jatuh pada 15 oktober 2012
  • Sehingga 1 DzulHijjah 1433 jatuh pada esok harinya yaitu 16 oktober 2012.
  • Sedangkan Idul Adha adalah 10 Zulhijjah H.
  • Sehingga 16 + 10 = 26 oktober 2012

Apakah perhitungan ini benar???

Saya membagi file ini bukan untuk diperdebatkan, hanya sebagai penambah ilmu pengetahuan kita. dan jangan juga dijadikan patokan bila anda tidak mengetahui dasar ilmu falak. karena saya juga tidak terlalu mengerti.

Ini sebagai salah satu contoh saja untuk sedikit megetahui apa itu hisab yang sering kita dengar bila mendekati waktu2 besar ISLAM.

Semoga bermanfaat dan tidak mengundang perdebatan..

Arsip Trik Kami Yang Lainnya



No comments:

Post a Comment

Next previous home